Tingkatkan Brand Awareness dengan Content Marketing

Dalam aktivitas digital marketing, brand awareness menjadi salah satu hal yang penting. Sebab,  konsumen lebih cenderung membeli dari merek yang mereka kenal dan percayai daripada merek yang baru bagi mereka. Proses membangun sebuah kesadaran produk memang memakan waktu yang tidak sebentar, karena memerlukan strategi yang holistik untuk membentuknya. 

Brand awareness adalah istilah yang menggambarkan seberapa akrab pelanggan dengan brand Anda. Ini tidak berarti bahwa mereka mengenali logo Anda, melainkan bagaimana konsumen memiliki pemahaman tentang apa yang direpresentasikan oleh merek Anda. Misalnya, apa jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan? Apa keunikan merek Anda dikenal? Apa yang menjadi hal terpenting untuk bisnis Anda? Ini adalah jenis pertanyaan yang dapat dijawab oleh konsumen yang sadar merek.

Membangun kesadaran merek sangat perlu dilakukan  terutama pada tahap awal bisnis. Kesadaran merek merupakan hal krusial karena memainkan peran penting dalam kemungkinan konsumen membeli produk Anda ketika mereka tertarik dengan solusi yang serupa dengan milik Anda. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan brand awareness adalah dengan content marketing

Pemasaran konten dapat menjadi cara yang sangat efektif untuk membangun kesadaran merek. Dengan setiap konten bermerek yang dilihat seseorang, mereka menjadi lebih akrab dengan merek Anda. Anda dapat menempatkan logo atau layanan Anda pada setiap unggahan konten. Namun, yang perlu diingat, jangan terus-menerus membagikan apa saja layanan Anda, karena akan membuat pelanggan menjadi bosan dan meninggalkan brand Anda. 

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai tips meningkatkan brand awareness melalui strategi content marketing. Konten yang kuat memungkinkan Anda menunjukkan kepada pelanggan siapa perusahaan Anda dan apa yang mewakili merek Anda.

1. Pahami audiens Anda

Memahami audiens merupakan hal yang sangat penting dalam pembuatan konten marketing, hal ini dikarenakan konten yang Anda buat adalah untuk mereka, jadi sebaiknya sesuaikan selera dan preferensi audiens dengan konten Anda. Beberapa pertanyaan mengenai audiens yang perlu dijawab adalah, siapakah audiens Anda? Apakah mereka orang yang sudah bekerja atau sedang bersekolah, berapa usia mereka, dan pada akhirnya Anda akan mengetahui apa kebutuhan mereka. Sehingga konten yang Anda buat tepat sasaran. Selain itu, pada jam berapa kah audiens Anda menghabiskan waktu berselancar di Internet? Hal tersebut sangat membantu Anda untuk merencanakan jadwal hari dan waktu posting.

2. Buat Strategi Konten

Setelah memahami audiens, maka Anda perlu membuat konten yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan audiens. Dalam membuat konten, Anda perlu tetap fokus pada cerita bisnis Anda, mulai dari awal Anda merintis bisnis, bagaimana Anda mencapai kesuksesan, dan apa nilai-nilai bisnis Anda. Pertahankan aspek-aspek ini di garis depan kampanye Anda untuk memberikan gambaran yang jelas tentang siapa Anda sebagai sebuah perusahaan. Memilih saluran atau jenis konten juga sangat perlu, terdapat berbagai jenis seperti, gambar, video, tulisan, webinar,dll. Terakhir, buatlah penjadwalan konten sehingga Anda dapat mengunggah dengan berkala. 

3. Kirim Email Newsletter

Mengirim email newsletter adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga perusahaan Anda tetap terdepan di benak pelanggan. Anda dapat memuat email tentang konten terbaru Anda, berita tentang perusahaan Anda, kiat yang membantu mereka mencapai tujuan mereka, dan konten seperti panduan gratis yang terkait dengan industri Anda. 

4. Gunakan media sosial untuk promosi konten

Platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter adalah cara yang bagus untuk mempromosikan konten brand awareness Anda dan menjangkau audiens yang besar. Mereka memungkinkan pengguna untuk berbagi, menyimpan dan meningkatkan interaksi dengan konten Anda.

5. Analisa hasil 

Tahap yang terakhir yakni menganalisis dan mengevaluasi content marketing yang telah atau sedang berlangsung. Analisa ini memungkinkan Anda untuk memahami teknik mana yang berhasil dan mana yang tidak sehingga Anda dapat meningkatkan strategi pemasaran Anda ke depan. Anda dapat menggunakan alat analisis gratis keluaran Google yakni, Google Analytics.

Nah, setelah membaca artikel diatas, apakah sudah terbayang akan menjalankan strategi content marketing seperti apa agar dapat menjangkau audiens dengan baik? 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top