Email Marketing di Jaman Sekarang, Masih Efektifkah?

Rate this post

Tahukah Anda bahwa email yang Anda terima dari beberapa online shop atau brand ternama adalah salah satu aktivitas digital marketing? Yup, benar sekali, email merupakan salah satu saluran digital marketing yang paling awal. Pasalnya, email marketing digagas oleh Gary Thuerk pada akhir 1970an. Gary Thuerk merupakan marketing di perusahaan komputer bernama ARPANet, ia mengirim email undangan pada 400 pengguna baru sekaligus. Hingga saat ini praktik mengirim email sekaligus banyak dimodifikasi dan menjadi saluran digital marketing. 

Apa itu Email Marketing?

Email marketing adalah segala aktivitas marketing, mulai dari pengenalan merk, pengenalan produk baru, undangan event perusahaan, hingga informasi promo/diskon. Terdapat beberapa jenis email marketing, seperti drip email, newsletter, welcoming email, undangan event, pengumuman, dll. Lalu apakah email marketing masih efektif di zaman sekarang? Nah berikut ini adalah beberapa alasan mengapa email marketing masih efektif :

1. Digunakan oleh banyak orang

Terdapat lebih dari setengah jumlah penghuni bumi menggunakan email saat ini. Banyaknya jumlah orang yang menggunakan email dan menggunakan email untuk membuat keputusan untuk pembelian suatu produk. Selain itu, 50% orang dewasa memeriksa email mereka di pagi dan sore hari, inilah kesempatan Anda untuk mendapatkan perhatian dan interaksi pelanggan. 

2. Membutuhkan biaya rendah

Salah satu alasan email marketing masih efektif adalah dari segi biaya. Email marketing hanya membutuhkan biaya rendah dalam proses pembuatannya, sehingga membantu Anda meningkatkan efektivitas strategi digital marketing Anda. Dibandingkan dengan saluran digital marketing lainnya, email hanya membutuhkan copywriting dan visualisasi yang menarik. 

3. Membuat pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan

Personalisasi adalah alat yang ampuh dalam pemasaran digital, dan itulah salah satu hal yang mempengaruhi keberhasilan email. Sementara sebagian besar personalisasi dalam email marketing hanya berfokus pada dengan nama depan pelanggan, Sehingga, pelanggan lebih merasa diakui dan berhubungan langsung dengan brand Anda. Selain fokus pada pelanggan, Anda dapat melakukan lebih banyak lagi, seperti memberi rekomendasi personal sesuai dengan kebiasaan pelanggan, dan memasukkan informasi pelanggan ke dalam konten, seperti informasi yang berhubungan dengan lokasi pelanggan. 

4. Kemudahan mengukur performance

Ketika Anda menjadi seorang digital marketer, data adalah hal yang sangat penting. Sebab, data dapat membantu Anda untuk mengevaluasi strategi yang sudah diterapkan, dan merumuskan strategi baru berdasarkan data yang telah dianalisis. Salah satu alasan email marketing masih relevan dengan zaman sekarang adalah keunggulannya dalam menghasilkan data-data penting. Data tersebut meliputi, data pelanggan baru, banyak email tersebut dibuka, banyaknya klik yang dilakukan pelanggan pada CTA (Call To Action), jumlah pelanggan yang berhenti berlangganan, dan masih banyak lagi. Terdapat beberapa tools gratis yang mampu membantu Anda dalam analisis data melalui fitur-fitur yang beragam. 

5. Membangun hubungan dengan pelanggan dan kredibilitas

Email marketing adalah cara yang bagus untuk mendekatkan brand Anda dengan pelanggan, salah satunya dengan metode pendekatan personal dengan pelanggan. Melalui penggabungan personalisasi dan proaktif, Anda memiliki bahan untuk membangun hubungan yang solid. Tetapi untuk benar-benar memanfaatkan hubungan yang kuat, Anda dapat menggunakan email untuk mengarahkan pemasaran Anda pulang jika Anda menggunakannya untuk membangun kredibilitas. Kredibilitas meningkatkan kepercayaan pelanggan akan brand Anda, dengan cara membagikan informasi yang menunjukkan bahwa Anda adalah ahli di bidang bisnis Anda. 

Beberapa alasan diatas adalah alasan bahwa email marketing masih efektif dan merupakan saluran digital marketing yang pas bagi Anda yang ingin membangun kepercayaan pelanggan dan kredibilitas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top