Mengenal Evergreen Content, Manfaat dan Contohnya

Berbagai jenis saluran digital marketing berguna untuk menjangkau dan menjaga hubungan baik dengan konsumen yang tujuan akhirnya adalah konversi atau pembelian. Salah satunya adalah content marketing. Content marketing adalah cara terbaik untuk menunjukkan pengetahuan dan integritas serta membangun kepercayaan dengan audiens Anda. Selain itu, content marketing adalah cara terbaik untuk membangun brand awareness, semakin sering Anda mengunggah konten, maka semakin besar pula eksposur brand  Anda. 

Content marketing adalah pendekatan pemasaran strategis yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang valuable, relevan, dan konsisten. Sehingga mampu untuk menarik dan mempertahankan audiens dan, pada akhirnya, mendorong tindakan pelanggan yang menguntungkan. Salah satu jenis konten yang paling sering digunakan adalah evergreen konten. Artikel ini, akan membahas mengenai manfaat dan contoh dari konten evergreen. 

Evergreen content adalah konten yang tidak pernah ketinggalan zaman atau memudar yang digambarkan sebagai “hijau abadi”. Misalnya, konten yang menjelaskan dasar-dasar pembuatan infografis yang mengagumkan adalah konten yang akan selalu cari, karena orang-orang akan selalu tertarik untuk membuat infografis.

Melalui jenis konten ini Anda bisa mendapatkan pelanggan baru dan mengarahkan lebih banyak traffic ke situs web Anda. Dalam membuat konten evergreen, Anda perlu memaksimalkan kualitas dan nilai SEO. Selain itu, karena konten Anda bertahan lama, kemungkinan besar blogger atau bisnis menautkan postingan Anda ke postingan mereka atau yang disebut dengan backlink, sehingga Anda akan mendapatkan lebih banyak visibilitas.

Nah, setelah mengetahui apa itu evergreen konten, saatnya kita mengetahui ide konten apa saja yang dapat menjadi konten evergreen, Yuk, simak beberapa ide di bawah ini:

1. Konten tentang jawaban pertanyaan yang umum sesuai dengan bisnis Anda

Tentu kita selalu mempunyai pertanyaan umum seputar produk, bisnis, atau bahkan industri. Contohnya, Bagaimana cara menggunakan email marketing, Apa yang diperlukan untuk menjadi seorang desainer grafis, Apa manfaat sosial media bagi bisnis, dan masih banyak lagi. Anda dapat menemukan pertanyaan-pertanyaan umum melalui situs answerthepublic, selain itu dengan mengikuti forum diskusi atau webinar dapat membantu Anda mengetahui apa yang potensial menjadi pertanyaan orang-orang. 

2. Panduan Umum 

Panduan umum adalah salah satu jenis konten evergreen yang lebih populer. Panduan utama akan memecahkan pertanyaan atau masalah umum dengan memecahnya menjadi penjelasan selangkah demi selangkah. Jenis konten ini cukup banyak dicari oleh khalayak, baik pemula dalam industri maupun oleh profesional untuk merefresh pengetahuan mereka.

3. Konten Checklist 

Pilihan alternatif untuk membuat panduan umum adalah dengan membuat daftar periksa atau checklist. Daftar periksa memberikan nilai dengan cara yang mudah dikonsumsi dan diringkas. Daftar periksa adalah konten yang selalu hijau yang juga mudah digunakan kembali! Anda dapat dengan mudah mengubah daftar periksa menjadi PDF yang dapat diunduh, presentasi SlideShare, atau video pemasaran. Salah satu cara untuk memanfaatkan jenis konten yang selalu hijau ini adalah dengan mengatasi kesalahan umum atau pemula dalam suatu industri. 

4. Studi kasus

Studi kasus dapat dibingkai sebagai sebuah cerita, yang merupakan salah satu jenis konten paling menarik yang dapat Anda buat. Ini juga menunjukkan hasil dunia nyata kepada audiens Anda. Konten ini dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda sebagai seorang ahli, 

5. Daftar Resource

Daftar alat dan sumber daya adalah jenis konten evergreen populer lainnya karena orang selalu mencari alat. Contohnya seperti daftar website penyedia gambar gratis, daftar alat analisis sosial media, daftar alat desain gratis, dan masih banyak lagi! 

6. Sejarah

Sejarah industri, produk, layanan, atau bisnis mungkin tidak tampak seperti konten yang memukau tetapi bisa jadi dan itu bisa menjadi konten yang sangat sukses! Jika Anda menggunakan tanggal atau statistik, jenis konten ini akan sering ditautkan ke artikel lain seputar topik tersebut. 

Setelah Anda menulis dan mengunggah konten evergreen, jangan lupa untuk mempromosikan konten evergreen Anda pada sosial media maupun platform online lainnya. Selamat mencoba membuat dan memanfaatkan konten evergreen!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top