Cara beriklan di 5 marketplace populer Indonesia!

Iklan merupakan salah satu strategi digital marketing yang dinilai cukup efektif, hal ini karena iklan mampu menjangkau dengan tepat sasaran penjualan suatu produk atau jasa. Strategi iklan nyatanya tidak hanya digunakan oleh bisnis atau brand besar, namun juga dapat dilakukan oleh bisnis online kecil atau yang biasa kita sebut dengan UKM (Usaha Kecil Menengah). Salah satu media beriklan yang sering digunakan oleh UKM adalah beriklan di marketplace.

Marketplace adalah setiap lokasi pasar baik secara langsung atau online, yang memfasilitasi pertukaran barang antara pembeli dan penjual. Sebuah marketplace dapat berupa situs web atau aplikasi yang memfasilitasi belanja dari berbagai sumber. Operator marketplace tidak memiliki produk apa pun, bisnis mereka adalah menyajikan produk orang lain kepada pengguna dan memfasilitasi transaksi mereka. 

Marketplace memiliki beberapa kelemahan, antara lain karena bisa jadi 1 produk dapat ditawarkan oleh banyak penjual sehingga terjadi persaingan yang cukup tinggi. Salah satu strategi marketing untuk meningkatkan penjualan di marketplace adalah dengan beriklan. Menurut Statista, Tokopedia merupakan marketplace terbesar di Indonesia dengan 135 juta klik per bulan, disusul dengan Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Blibli. Artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara beriklan di berbagai marketplace terpopuler Indonesia. 

  • Tokopedia

Pada situs resminya, Tokopedia menjelaskan tips dan cara beriklan. Terdapat beberapa keuntungan yang didapat ketika Anda beriklan yaitu, meningkatkan kunjungan pengguna pada toko Anda, memaksimalkan kegiatan promosi Anda, dan pastinya mampu meningkatkan penjualan. Beberapa tips yang diberikan Tokopedia adalah, gunakan kalimat promosi saat beriklan, optimalkan kata kunci, dan pastikan telah mengatur strategi beriklan Anda dengan baik. Nah, langkah-langkah beriklan di Tokopedia cukup mudah yaitu,

  1. Masuk pada laman tokopedia seller, klik Iklan dan Promosi, pilih”Tingkatkan Kunjungan Pembeli”, kemudian pilih TopAds
  2. Isi nama toko
  3. Isi konten iklan, berupa produk dan dekripsi pesan promosi.
  4. Tambahkan kata kunci spesifik
  5. Atur biaya dan jadwal penayangan iklan. 
  • Shopee

Layaknya Tokopedia, Shopee juga memberikan tips dan beragam kisah sukses sellernya melalui situs Iklan Shopee. Shopee merekomendasikan untuk beriklan saat ada promo besar Shopee, karena biasanya lebih berhasil. Selain itu, mereka banyak membagikan artikel untuk seller pada situs tersebut. Nah, cara beriklan di Shopee juga cukup mudah, berikut caranya:

  1. Login ke seller center, klik “Iklan Shopee”, kemudian pilih icon + untuk membuat iklan baru.
  2. Pilih jenis iklan, terdapat dua jenis iklan yaitu, iklan pencarian dan iklan pada produk serupa.
  3. Pilih tipe promosi, antara iklan toko dan iklan produk
  4. Tentukan anggaran biaya dan jadwal penayangan iklan
  5. Pilih produk yang akan diiklankan, kemudian klik “konfirmasi”
  6. Atur kata kunci pencarian.
  • Bukalapak

Fitur iklan di Bukalapak dikhususkan untuk Super Seller yang membantu pelapak menjadi urutan pertama pada hasil pencarian, sehingga akan lebih terlihat oleh calon pembeli. Langkah beriklan di Bukalapak adalah:

  1. Buka halaman utama Aplikasi Bukalapak pilih Fitur Pelapak, kemudian klik Iklan Lapak.
  2. Klik coba Iklan Lapak
  3. Klik Tambah Promosi
  4. Masukkan nama promosi dan pilih produk yang akan diiklankan
  5. Atur budget dan klik Aktifkan
  • Lazada

Situs resmi Lazada menjawab berbagai pertanyaan seller seputar beriklan. Pencarian produk bersponsor di Lazada hanya dapat dilakukan oleh Toko yang memenuhi syarat, seperti toko yang aktif dan oko yang memiliki lebih dari satu kategori. Langkah-langkah untuk melakukan iklan di Lazada sama dengan cara beriklan di marketplace lainnya. Terdapat berbagai hasil report dari iklan yang dilakukan pada aplikasi Lazada seperti, impresi, klik, CTR (Click Through Rate), conversion rate, dan estimasi ROI (Return On Investment)

  • Blibli

Iklan yang dilakukan melalui Blibli disebut dengan Blikan. Pada situs resminya, Blibli juga membagikan tips dan keuntungan blikan, antara lain mudah, murah, dijamin muncul, dan  praktis. Produk yang diiklankan akan tampil di berbagai halaman pencarian, jika suatu produk yang sering tampil maka semakin besar pula prospek penjualannya. Langkah beriklan di Blibli cukup sederhana, yaitu:

  1. Kunjungi blibli seller center
  2. Pilih menu promo, kemudian pilih Blikan
  3. Atur budget harian
  4. Pilih produk yang akan diiklankan
  5. Lakukan top up saldo

Nah, setelah mengetahui cara beriklan di berbagai marketplace besar di Indonesia, apakah Anda tertarik untuk mencoba beriklan pada salah satunya?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top